Saturday 30 June 2012

Ibnu Rusyd


Filsafat Ibnu Rusyd yang hadir dalam kanca dunia islam ternyata banyak memberikan pengaruh terhadap dunia. Pada prestasi yang diraihnya merupakan puncak dari klimaks atau merupakan puncak penutup dari kejayaan gelombang pemikiran filsafat. Walupun demikian pemikiran-pemikiran Ibnu Rusyd yang mempengaruhi dunia hingga Eropa. Dalam filsafatnya itu yang banyak sekali yang dapat dikaji, namun untuk dapat mengkaji semuanya itu banyak sekali waktu yang kita perlukan untuk mengkajinya. Sehingga untuk itu kita hanya dapat menampilkan poin-poin yang dianggab layak untuk ditampilkan.

Hasil karangan Ibnu Rusyd yang sangat banyak baik yang mencakup masalah teologi, sastra Arab, matematia, astronomi dan lain-lain. Yang sangat banyak, hingga akhir hayat dari hidupnya ia curahkan untuk ilmu pengetahuan. 

Banyak dari pemikiran Ibnu Rusyd yang mengarah pada oreintasi ilmiah dan sistematis, yang menjelaskan hubungan akal dan agama. Yang selama ini dalam pandangan orang-orang Barat sangatlah sulit untuk menggabungkan antara keduanya. Dalam hal ini Ibnu Rusyd berani untuk mencoba menggabungkan filsafat dengan agama, yang selama ini oleh orang-orang Barat tidak dapat menjelaskan atau menggabungkan antara akal (filsafat) dengan agama (teologi). Ditanag Ibnu Rusyd, ia olah menjadi mungkin dan bahkan agama menjadi pendukung terhadap filsafat dan juga sebaliknya.

Untuk lebih jelas dapat di download diSini

No comments:

Post a Comment