Tuesday, 26 June 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Contoh RPP
NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : B. ARAB
MATERI POKOK : QIRAAH
KELAS : XI IPA
PERTEMUAN KE : VIII
ALOKASI WAKTU : 2 X PERTEMUAN (85 MENIT)

  1. Standar Kompetensi
Memahami wawasan tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kewajiban seorang remaja.
  1. Kompetensi Dasar
Melafalkan huruf hijaiyah, kata, parase, kalimat, dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang kewajiban seorang remaja.
  1. Indikator Pencapaian
    1. Siswa diharapkan mampu membaca dengan baik dan benar serta bisa menerjemahkan dengan benar yang meliputi kewajiban seorang remaja.
    2. Siswa diharapkan mampu melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat, yang tertulis dengan baik dan benar tentang kewajiban seorang remaja.
  2. Materi Pembelajaran
    1. Yajibu alal murahikina
    2. Contoh soal lampiran
  3. Metode Pembelajaran
    1. Aremer trensesen
    2. Ceramah
    3. Tanya jawab
  4. Kegiatan
        1. Awal
  1. Guru memberikan salam
  2. Guru mengawali pelajaran dengan (appersipsi) murid
  3. Guru mengabsen murid
  4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

        1. Inti
  1. Guru membacakan materi qiraah, sementara siswa diminta untuk mendengarkan
  2. Guru menerjemahkan teks tersebut
  3. Siswa diminta menerjemahkan kembali dengan berkelompok
  4. Siswa diberi waktu untuk menghafal mufradat kemudian ditanyai Arab atau terjemahannya 2/3 orang.
        1. Akhir
  1. Guru menyimpulkan pembelajaran
  2. Guru memberikan nasehat
  3. Salam yang diakhiri dengan doa
  1. Sumber Belajar
Buku paket B.Arab Madrasah Aliyah kelas II.
  1. Penilaian Hasil Belajar
  1. Afektif
  2. Psikomotorik
  3. Kognitif

Mengetahui                                                    Mahasiswa Praktikum
  



…...................                                                          …....................


Mengetahui
Kepla Sekolah



,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
NIP …..................


LAMPIRAN

يجب على المراعقين
أولا - يَتَنَاوَلُو اْلغِدَءَ الْجَيِّدَ, وَالْغِدَءَ الْجَيِّدَ عُوَالَّذِي يَعْتَوِى عَلَى الْمَوَادَّ الضَّرُوْرِيَّةِ لِلصِّحَةِ
ثانيا - أَنْ تُمَارِ سُوالرِّيَاضَةَ الْبَدَنِيَّةَ الْمُنَظَّمَةَ وَيُقَسَّمُوْا أَوْقَاتَهُمْ بَيْنَ الرَّحَةِ وَالتَّعَلَّمُ
ثالثا - اَنْ يَنَالُوْا الرِّحَةَ الْكَافِيَةَ بَعْدَ اَنْ يَتَعَلَّمُوْ اَْوُيَمارِ سُهُوْالرِّيَاضةَ الْبَدَنِيَّةَ, وَالنَّوْمُ مِنْ اَحَمِّ الرِّحَةِ،
قَالَ الْحَكِيْم: نَمْ مُبَكِّرًا لِتَنْهَضَ مُبَكِّرًا تَسْعَدْ لَكَ الْحَيَاةُ.

No comments:

Post a Comment